Pernahkah anda mengeluhkan laptop kesayangan tiba tiba mati sendiri atau munkin hang dan restart sendiri ketika untuk menjalankan aplikasi yang mungkin tidak terlalu berat.disini saya hanya ingin sekedar berbagi pengalaman dengan yang pernah saya alami.
hal hal yang dilakukan untuk memperbaiki permasalahan diatas
1.Ganti ram.
ganti memori,adalah hal yang sangat biasa terjadi didalam dunia perkomputeran karena tidak sedikit permasalahan ada pada komponen ini.disamping itu penggantian memori terbilang cukup mudah karena kita tidak terlalu banyak membuka case cukup dibalik karena ada dibagian bawah,dan sudah ditandai.
2.Coba installasi lagi.
berbicara masalah system banyak sekali permasalahan yang ditimbulkan mungkin saja karena virus atau mungkin dari kita sendiri entah kelalaian ataupun tidak sengaja merusak systemnya sehingga laptop/netbook rusak.
3.Cek hardisk.
hardisk adalh media penyimpan data,ataupun tempat system kita berada terbayangkan seandainya hardisk rusak pasti system yang kita punya pun akan mengalami kerusakan  hingga menyebabkan kerusakan kerusakan seperti yang diatas telah disampaikan.
4.Bersihkan kipas dan heatsing dari kotoran
kotor,dipandangpun tak enak apalagi ini singgah di perangkat kita yang notabene digunakan setiap saat.biasanya ini akan mengganggu sirkulasi udara pada saluran buang headsing sehingga suhu meningkat dan sensorpun akan mematikan/merestart laptop anda..
5.Berikan pasta pendingin di prosesornya
pasta disini berfungsi untuk menyalurkan panas di prosesor ke headsing.sehingga prosesor tetep dingin .


DARI semua hal yang telah saya ungkapkan no:4 adalah yan paling sering terjadi,dan seandainya semua sudah dilaksanakan dan laptp/netbook masih sering mengalami hal diatas kemungkinan terjadi pad chipsetnya.

1 komentar:

Ya laptop saya pertama, mengalami hal yang sama, karena panas. Panas disebabkan Kipas anginnya sudah tidak berfungsi.